Saturday, March 12, 2011

Jenis-jenis kucing


Terdapat banyak jenis kucing di dunia. Ada kucing keturunan murni dan ada juga kucing yang merupakan hasil kawin silang. Yang membedakan jenis-jenis kucing tersebut yaitu dari bentuk kepala dan panjang bulunya, Setiap ras memiliki ciri khusus, tapi karena sering terjadinya kawin silang antar ras, banyak kucing yang hanya dikelompokkan dalam jenis bulu panjang dan bulu pendek.
Ada banyak macam ras kucing, beberapa diantaranya :
 

1. Turkish AngoraAsal : Amerika Utara

Cara bergerak yang lemah gemulai adalah ciri Angora. Bulunya selembut sutra, tubuh yang elegan panjang , telinga menunjuk yang tegak lurus dan mata besar cerdas membuat angora sangat dihargai kecantikan dan keanggunannya. Angora memiliki kepala yang kecil berbentuk baji pada leher yang panjang, ramping, dan anggun. Kaki-kakinya panjang, cakar bulat dan cantik, serta ekor yang panjang dan runcing. Angora memiliki bulu yang panjang dan indah pada ekor dan sekeliling lehernya. Warna kucing Angora putih bersih, sebagian besar warna muncul kecuali merupakan hasil kawin silang eperti warna coklat dan lembayung
2. Kucing PersiaAsal : Persia

Kucing ini merupakan kucing berbulu panjang yang paling populer. Kucing persia sangat senang hidup sebagai kucing rumahan. Mereka bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak.Warna Kucing persia muncul dalam jumlah pola dan warna yang mengherankan dan terbagi ke dalam tujuh pembagian warna untuk tujuan kompetinsi.
3. Turkish Van
Asal : Turki
Walaupun mereka mandiri, Turkish van adalah kucing yang sebaiknya berada dirumah. Mereka termasuk jenis kucing yang menyukai air. Bulu-bulunya putih bersih, warna yang muncul hanya di dekat ekor dan kepala, yaitu warna hitam biru, cream, merah atau warna rumah kura-kura. Tubuhnya tebal dan kuat. Mata yang besar, bulat sipit angkuh.
4. Burmese (Burma)Asal : Birma

Dikenal sebagai kucing Birma. Kucing ini dibiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing ratu wong mau (Birma) dan siam. Kucing Birma masih termasuk jenis kucing yang langka. Bulunya yang panjang dan lembut cenderung melambai di bagian perut dan tidak kusut. Terdapat bulu yang lebat dibagian leher. Tubuhnya pendek gemuk. Ekornya cukup panjang dan lebat. Matanya biru sipit. Kepala yang lebar bulat memiliki daerah yang rata didepan telinga.yang lebar. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura.

5. Manx

Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.

6. Maine Coon 

Asal : Maine, AS.

Merupakan keturunan Angora dan American Shorthair. Sifatnya lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Bulunya tipis, lembut, dan warnanya beragam.

7. British Shorthair 

Dikembangkan di Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.
8. Chinchilla longhair Inilah kucing persia paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi dalam dua macam, yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).

http://kucingkita.blogspot.com/2007/04/jenis-jenis-kucing-peliharaan.html

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Karnivora
Famili: Felidae
Genus: Felis
Spesies: F.Silvestris
Upaspesies: Catus (kucing)


Nama binomial
Felis silvestris-catus
Linnaeus, 1758



ShoutMix chat widget

Free Blog Calendar


# website ini

No comments:

Post a Comment

Post a Comment